Kamis, 12 Mei 2022

Pakaian adat Jawa memenuhi Upacara Hardiknas SDIT Nuris

Ratusan anak anak berkumpul di halaman SDIT Nuris pada pagi ini melaksanakan upacara bendera. Lho??? upacara koq hari Jumat?? bukannya biasanya upacara dilakukan di hari Senin?? 

Yap, kali ini upacara dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 13 Mei 2022. Upacara kali ini dilaksanakan untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh pada tanggal 2 Mei kemarin. Hal ini sesuai dengan Surat Edaran dari Kemendikbudristek terkait upacara bendera Hardiknas. Dalam surat edaran yang telah dikeluarkan oleh Kemendikbudristek, pelaksanaan upacara bendera Hardiknas 2022 akan dilakukan pada tanggal 13 Mei. Pengunduran tersebut mengingat Hardiknas 2022 akan bersamaan dengan Hari Raya Idul Fitri 1443 H dan cuti bersama. Sesuai dengan tema Hardiknas tahun ini yaitu “Pimpin Pemulihan, 
Bergerak untuk Merdeka Belajar” para peserta Upacara kali ini terlihat berbeda dengan biasanya. Hal ini terlihat banyak sekali dari anak anak laki laki ataupun perempuan yang mengenakan pakaian adat seperti kebaya dan batik. Banyak sekali para siswi yang mengenakan kebaya, salah satu pakaian adat Jawa. Sedangkan bagi siswa siswi lain mengenakan batik yang juga merupakan salah satu pakaian adat Jawa juga. 
Para ustad ustdah di SDIT Nuris juga terlihat njawani dengan seragam pakaian adat khas Kabupaten Semarang yaitu Gagrak. Para ustad mengenakan beskap lengkap dengan sarung batik dan ikat kepala yang menambah kekhasan pakaian kabupaten Semarang ini. Sedangkan warna merah kombinasi hitam pada kebaya yang dikenakan para Ustadah juga menambah nuansa yang ceria dan tegas pada upacara kali ini.
Ustdah Rofi selaku Pembina Upacara Kali ini menyampaikan tentang perjuangan bapak pendidikan Indonesia yaitu Ki Hadjar Dewantoro. Kita sebagai guru dan siswa harus bisa mencontoh dan meneruskan perjuangan Bapak Pendidikan Nasional kita dengan semboyan Ing Ngarso sing Tulodho, Ing Madyo Mangun Karso, Tut Wuri Handayani.  

0 comments:

Posting Komentar

channel kita